Perubahan Otak Pada Pecandu Game Online

Perubahan Otak Pada Pecandu Game Online hal ini sudah sering  disampaikan pada berbagai media.  Peringatan kepada orang tua dan masyarakat umum. Mengenai  bahaya kecanduan  permainan online.

Seseorang  yang telah  kecanduan permainan online, akan rela duduk  berjam-jam di depan  layar monitor  maupun  telepon pintar. Menghabiskan waktu bermain, tanpa perduli  dengan lingkungan sekitarnya. Coba mainakn permainan game online terbaik yang bisa Anda maainkan saat ini seperti taruhan bola online.

Bermain permainan online yang terus menerus dalam waktu  lama,  ternyata  bisa menimbulkan perubahan pada otak. Perubahan yang  terjadi tidak hanya sekedar  fungsi  otak, tetapi  juga merubah  bentuk  otak itu sendiri.

Eits, kamu jangan cepat beranggapan semua   perubahan itu buruk. Dalam tahap tertentu  perubahan  bisa memeberikan  efek positif. Sesuatu  yang  berguna untuk pemainnya.

Bermain permainan online pada tahap  tertentu  bisa meningkatkan konsentrasi. Orang yang sering  bermain secara  berulang-ulang pada tahap  wajar akan lebih fokus jika dibandingkan yang tidak bermain  permainan online.

Bagian otak yang  mengurus  vosuospasial akan berkembang baik, ukurannya pun meningkatkan.  Hal ini berefek pada kemampuan  mengartikan konsep visual yang dilihat semakin baik. Seperti  memperkirakan  jarak,  bentuk dan besar benda, serta membedakan  warna objek.

Selain itu bagian otak yang  bertanggung jawab atas memori  jangka panjang akan semakin  bertambah. Dalam memainkan   game seringkali kita harus mengingat berapa hal, seperti  apakah  sudah menggunakan alat bantu  atau yang lainnnya. Agar bisa memenangkan pertandingan dan tidak  mendapatkan hukuman.

Jika permainan  dilakukan  terus menerus tanpa  terkontrol bisa menimbulkan  kerusakan pada sikap dan perilaku pemainnya. Seperti gangguan pada Cortex preprontal, dimana seseorang pecandu  sulit mengontrol Impuls yang datang dari otak. Kadang orang tersebut  tidak bisa menghentikan  permainan  walaupun sudah  tidak ingin bermain lagi.

Dari MRI yang dilakukan  pada pecandu permainan online. Terdapat gambaran  otak yang  sama pada pasien skizofrenia,  sindrom  down  dan pasien autis. Kemampuan  mengontrol  Impuls buruk, sehingga  tidak bisa mengontrol prilaku.

Semua hal ada batasnya, terlalu  berlebihan tentu akan  berakibat tidak baik. Kamu harus bisa menentukan batasan untuk  diri sendiri.  Jangan sampai dikontrol oleh hal lain, misalnya permainan online.

Waktu terus berjalan  dan tidak akan bisa kembali. Biasakanlah  mengatur waktu  bermain  game. Manfaatkan   waktu  dengan baik. Agar kamu bisa menghasilkan sesuatu yang bermanfaat untuk kamu dan lingkunganmu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *